Selasa, Maret 25, 2014

Pasang Sendiri Positioner Penggerak Parabola

Sebenarnya memasang penggerak parabola kesayangan kita nggak sulit sulit banget,cukup punya pengetahuan sederhana, maka hasilnya kita dapat menonton saluran TV yang jumlahnya bisa ratusan channel,kita sudah tidak hanya menonton saluran lokal yang kadang membosankan,jadi kita punya saluran pilihan yang melimpah jumlahnya,
Pada postingan terdahulu mengenai cara memasang parapola serta modifikasi frame LNB,kayaknya kita perlu melangkah kearah yang lebih canggih dikit,yaitu penggerak parabola serta cara pemasangannya,juga setting-annya.
Coba lihat skema berikut:

Skema diatas cukup jelas karena semua rangkaian serta terminal sambungan  sudah digambarkan dengan detail sekali agar memudahkan kita saat memasang serta menghubungkan kabel-kabelnya.
Kalau semuanya sudah terpasang dengan benar  menurut gambar diatas,sekarang kita melangkah ke penyetelan satelitnya...Ok kita mulai....O i ya jangan lupa arahkan dahulu parabola kita kearah timur/barat sebagai batas maksimal gerakan parabola kita, PENTING!!!.Jangan keluarkan maksimal lengan actuator sebagai batas maksimal untuk menjaga actuator dari kerusakan.
Ikuti step berikut:
  • Reset Positioner dengan cara menekan tombol Reset pada remote control positioner agak lama sampai nilai 000 muncul di display positioner.
  • Mulailah menekan tombol ke kiri atau ke kanan untuk mencari posisi satelit,posisi yang benar bisa kita ketahui dengan melihat di layar TV kita,langkah ini bisa kita lakukan misalnya kita akan mencari satelit Palapa D,ada beberapa saluran tv yang akan dijadikan patokan misalnya yang ada di satelit Palapa D adalah TV One atau MNC,Global dll.Tekan tombol INFO di remote control receiver parabola untuk melihat kwalitas sinyalnya,carilah kwalitas sinyal tertinggi maka itu adalah yang terbaik.
  • Kalau langkah kedua berhasil,simpanlah posisi satelit ini dengan cara menekan tombol STORE pada remote control positioner,pilihlah nomor satelit yang dikehendaki bisa nomor 1,2,3 dst,karena ini adalah pencarian pertama,untuk memudahkan sebaiknya simpan dengan nomor 1 maka di display positioner akan muncul P01,kalau sudah berhasil teruskan dengan mencari satelit lain misalnya Telkom,karena posisi satelit ini tidak jauh dari posisi Palapa D, agak mudah untuk mencarinya.ulangi langkah untuk menyimpan posisi satelit pada baris sebelumnya tadi,simpanlah posisinya di nomor 2,maka akan muncul nomor P02.Mudah kan?
  • Kalau kedua posisi satelit tadi sudah kita temukan,bisa kita teruskan mencari satelit satelit lainnya seperti Asiasat 3,Asiasat2,dll.Lakukan langkah penyimpanan posisi satelit seperti sebelumnya.
  • Untuk melihat hasil pencarian kita tadi,coba tekan remot control receiver parabola kita,cari saluran dari grup Palapa, kalau sudah bagus coba cari saluran grup Telkom,kalau bagus maka artinya kita sudah berhasil memasang sendiri positioner serta penggerak parabola.
Mudah kan? OK deh mudah mudahan bermanfaat buat kita semua amin

Motto : Manusia yang terbaik adalah manusia yang bermanfaat bagi manusia lainnya.Wallahu 'alam.

Renungan:

"Tuhan tidak buru-buru menghukum hambanya karena dosanya,tapi hamba itu akan diberi waktu yang panjang dan cukup lama untuk  menyadarinya,kalau dalam waktu tersebut hamba tersebut tidak melakukan perbaikan barulah hukum dijatuhkan,beruntunglah saat hukum dijatuhkan di saat ia masih hidup,sebaliknya celakalah saat hukum dijatuhkan di saat ia sudah mati dimana semua amal terputus sudah".


27 komentar:

  1. mks shobat ilmux smg brmanfaat

    BalasHapus
  2. sangat brmanfaat, makasih!

    BalasHapus
  3. TERIMA KASIH. .... KANG MAS
    saya sangat butuh ini...karna di bukunya bahasa inggris..
    dan pak tukangnya belum memberi tahu cara...nyimpan satelit...

    BalasHapus
  4. Mau tanya Mas, kalau actuatornya model gearbox apa bisa pakai positioner untuk actuator model piston (Lengan) terima kasih

    BalasHapus
  5. Maaf baru bisa direply....,Mas Janan kalau model gearbox saya gak familiar,tapi secara teori sama/bisa saja asalkan 4 kabel yang berasal dari actuatornya sama,....dengan asumsi 4 core kabel tsb hanya untuk mengontrol putaran motor di actuator bisa aja dicoba....thx untuk kunjungannya

    BalasHapus
  6. Cari apstar dan koreansat kok susah ya?trus knp angka dipositioner untuk palapa 156 untuk asiasat 206itu gmn ya?

    BalasHapus
  7. 1.Tentukan sudut max timur bara parabola anda
    langkahnya,reset positioner anda keluarkan lengan actuator maximal tekan LIMIT
    masukan lengan aktuator maxsimal anda kemudian tekan LIMIT
    2 angka tsb bisa berapa saja
    pertama reset positioner..
    cari palapa kalo sdh ketemu resset positioner maka palapa akan menjadi 000,bisa dilajut dngan satelitlain..selamat mencoba semoga bermanfaat..thx atas kunjungannya

    BalasHapus
  8. salam...kalau setingnya mau untuk satu remote yang digerakkan langsung dari receiver gimana gan.minta skemanya ya

    BalasHapus
  9. kl kode ll atau hh pada penekanan limit apa guna nya gan makasih

    BalasHapus
  10. @anonim. Sebenarnya mudah saja mwnyetel actuator parabola,di receiver masuk ke menu ->pilih setelan antena dengan dua opsi yaitu antena tetap dan antena bergerak, karena maunya actuator digerakkan dari remotw reciver maka pilih antena bergerak,, selamat mwncoba...

    BalasHapus
  11. ll and hh, is for low-low, artinya batas bawah gerakan parabola, begitu juga hh stand for high-high, untuk batas atas gerakan parabola, keduanya perlu disetting untk melindungi motor penggerak actuator, demikian..
    Kalau ada jawaban yang lbh lengkap dan lebih benar pengungung bisa share jawaban disini.. Muda2an berguna sebagai ilmu dan wawasan.. Trims

    BalasHapus
  12. ll and hh, is for low-low, artinya batas bawah gerakan parabola, begitu juga hh stand for high-high, untuk batas atas gerakan parabola, keduanya perlu disetting untk melindungi motor penggerak actuator, demikian..
    Kalau ada jawaban yang lbh lengkap dan lebih benar pengungung bisa share jawaban disini.. Muda2an berguna sebagai ilmu dan wawasan.. Trims

    BalasHapus
  13. Sekedar catatan tambahan.
    Untuk pemasangan actuator parabola perlu diperhatikan posisi pemasangan,usahakan lengan actuator bisa bergerak lancar,tidak tersendat yang mengakibatkan posisi parabola tdk akurat yang berujung error.. Trims.
    Next post to come:
    Yang mau berbisnis antena tv, berikut cara mendesain dan membuatnya.... Wassalam.

    BalasHapus
  14. Sekedar catatan tambahan.
    Untuk pemasangan actuator parabola perlu diperhatikan posisi pemasangan,usahakan lengan actuator bisa bergerak lancar,tidak tersendat yang mengakibatkan posisi parabola tdk akurat yang berujung error.. Trims.
    Next post to come:
    Yang mau berbisnis antena tv, berikut cara mendesain dan membuatnya.... Wassalam.

    BalasHapus
  15. Ask..Ada 2 antena dipasang pengerak/rotator masing2 antena tapi hy 1 positionernya bisa tidak?
    Kl bisa cara setting gimana..?
    Mksd hemat positioner 1...hehe.thx

    BalasHapus
  16. Posisioner saya gak bisa digerakin pakai remot rx gan, digitnya gak jalan, saya pakai rx getme super

    BalasHapus
  17. Gan rumus utk alat positioner yuri brapa ya,, aq coba2, utk 1 derajat satelit maka menggerakkan 3 sd 5 poin utk positioner, cth nya dari satelit 68°E (di positioner yuri nilai nya 474) ke 70°E (di positioner 468). Apa benar seperti itu ? Atau rumus yg benar spt apa?

    BalasHapus
  18. Gan...punya saya kok aktuator hanya bisa bergerak 1 arah saja ya...klo mau balik arah saya hrs balik kabel yg dibelakang positioner nya dulu..,kira2 cara betul in nya bagaimana?
    Makasih

    BalasHapus
  19. Gan...punya saya kok aktuator hanya bisa bergerak 1 arah saja ya...klo mau balik arah saya hrs balik kabel yg dibelakang positioner nya dulu..,kira2 cara betul in nya bagaimana?
    Makasih

    BalasHapus
  20. mas...maf mau tanya..
    positioner saya diseting sampe p10 z,mau ditambahin g bisa,gimana car nambahin biar bisa p11,p12 danseterusnya..
    maksih

    BalasHapus
  21. Terima Kasih atas ilmunya, sebenarnya saya udah tanya ke teknisinya tapi alasannya "rahasia teknisi" mungkin klo kita tau kita ngga akan panggil2 dia lagi....wkwkwk.

    BalasHapus
  22. Mantap, makasih info nya, oiya kalo kita pasang 2 LNB yg maksudnya agar antara Satelit Palapa dan Telkom tidak bergerak terlalu sering ketika perpindahan channel (biar awet penggerak nya hehe..), kira-kira bagaimana setting di Receiver atau Box positioner nya?

    BalasHapus
  23. MAKASIH INFONYA MUDAH MUDAHAN MANFAAT ,AMIN2

    BalasHapus
  24. mantab gan....terima kasih tutorialnya

    BalasHapus
  25. Salam, Mas untuk nyetel batas gerak para bola timur barat kekmana
    Tq

    BalasHapus
  26. Mudah dipahami.
    Persoalan saya,
    Kalau intensitas signal lebih dari 60%, tapi kualitas signal semua satelit tdk ada, kira2 kenapa ya?

    BalasHapus