Rabu, Februari 15, 2012

Cara Mudah Dan Murah Membuat Kabel Extension Untuk Modem

Mungkin keinginan berselancar di dunia internet begitu tinggi,banyak peselancar di dunia maya ini tidak ingin mengalami sinyal yang lemah atau kecepatan akses yang lemot,ini bagi yang hanya menggunakan modem untuk akses koneksinya,kekuatan sinyal yang dipancarkan dari BTS harus diakui memang tidak merata di seluruh kawasan,terutama yang tinggal di daerah agak ke pinggir kota biasanya sinyal mulai agak melemah,akibatnya komunikasi suara maupun dataakan berpengaruh besar.Contohnya saya yang lokasi tempat tinggal jauh dari BTS kalau mengikuti jalan kurang lebih 7 KM jauhnya,karena jalannya berkelok-kelok kalau di BYPASS kira2 jadi 4-5 KM jauhnya,bukan suatu jarak yang dekat kan?.Tapi saya gak kurang akal untuk mengatasi masalah ini,buka buku,nyari di internet untuk menemukan cara atau jalan yang mudah juga murah untuk solusinya.Akhirnya saya punya ide bagaimana kabel extension USB di potong lalu disambung dengan kabel yang sejenis yang lebih panjang dengan tujuan saya ingin menempatkan modem diluar rumah/diatas genteng. Coba saya uraikan satu persatu prosesnya.
Siapkan 1 extension kabel USB yang akan dipotong menjadi dua dan satu kabel data,biasanya kabel ini ditemukan di kantor2,swalayan untuk kabel jaringan,berwarna putih keabu2an isinya ada 4 pair atau 4 pasang kabel warna warni bisa memakai yang bekas,panjang kira2 7-8 meter untuk hasil yang terbaik.
Lihat contoh modem outdoor yang sudah terpasang

Coba saya uraikan lagi.
1.Potong kabel USB extension menjadi 2,akan terlihat warna kabel putih,hijau,merah,hijau strip putih dan hitam.
2.Kupas masing-masing ujung kabel,juga kabel data yang akan disambung.
3.Sambung seperti urutan sbb.
 Orange dengan putih
 Hijau dengan hijau
Biru dengan merah
Coklat/coklat strip putih dengan hijau strip putih
Orange strip putih dengan hitam.
4.Sambungan diperkuat dengan cara disolder agar tidak mudah lepas,kemudian dibungkus dengan isolasi. Secara teori kabel extension usm modem sudah jadi,bagi yang ingin menguji arah pasangan kabel sudah benar,bisa menggunakan AVO meter dengan cara diuji satu persatu,tapi kalau memang sudah yakin benar maka pengujian itu tidak diperlukan lagi.
5.Langkah terakhir ini adalah yang paling penting dari seluruh prose diatas,yaitu pengetesan denagn langsung memasang modem di salah satu ujung dan ujung satu ke USB port komputer,kalau beberapa saat setelah penancapan ke USB port muncul interface modem,artinya anda telah sukses membuat sendiri kabel extension modem,tinggal setting modem,password,username dll anda tinggal connect.
Seperti ini modem outdoor yang saya pakai selama ini dengan pelindung sederhana,tiang PVC yang semuanya serba murah.

SELAMAT BERSELUNCUR DENGAN NYAMAN TENTU SAJA SINYAL ANDA BERTAMBAH BESAR. SELAMAT MENCOBA...SEMOGA BERMANFAAT.

3 komentar:

  1. nih gan, membuat usb extender 25 - 70 meter

    http://teguhsuroso-k-link.blogspot.com/2013/05/wajanbolic-membuat-usb-extender-25-meter.html

    BalasHapus
  2. Jangan ikutin komen diatas ini, rugi lho misal udah beli kabel UTP apalagi sampe 70 meter lalu akhirnya ga kepake hahaha... kebuang deh duit ratusan rebu.

    Pakai kabel UTP lebih dari 5 meter untuk perpanjangan ekstender USB kegagalannya cukup besar, mengapa?

    Untuk perpanjangan kabel untuk USB itu tidak cuma sekedar menyamakan tegangan diujung-ujung kabel. Terutama apabila penambahan perpanjangan hingga 10 meter atau lebih. Ada transmisi data juga pada pin D+ dan D- yang dihantarkan dalam bentuk impulse tegangan berupa gelombang kotak, dimana penggunaan kabel untuk memperpanjang usb yang tidak sesuai menimbulkan mismatch impedance dan propagation delay. menjadi besar.

    Lalu bagaimana solusinya?

    Silahkan simak artikel saya mengenai USB di blog kami beserta ulasan teknis yang lengkap. Sehingga memungkinkan penggunaan kabel lebih dari 10 meter bahkan hingga 30 meter dengan keberhasilan mendekati 100%. Pasti!!

    Ada tiga bagian artikel terpisah, mengenai standar USB dan spesifikasinya, mengenai perpanjangan kabel ekstender USB dan penguatan arus, mengenai rangkaian penguatan signal D+ dan D- dari port USB, perlu kesabaran ekstra dalam membaca karena tulisan cukup detil dan panjang.

    BalasHapus
  3. Silakan berkomentar,yang penting sifatnya membangun dan sharing tentunya...thx atas kunjungannya...

    BalasHapus